Workshop Penanggulangan Kebakaran

 KOTAGEDE- KAMIS (16/6) Workshop Penanggulangan Kebakaran dilaksanakan oleh Jawatan Keamanan Kemantren Kotagede bekerjasama dengan Dinas Kebakaran Kota yogyakarta, acara tersebut berlangsung pada pukul 10.00 WIB di Pendopo Abdi Praja Kemantren  Kotagede. Pada kesempatan tersebut hadir Mantri Pamong Praja Komaru Ma'arif S.I.P, M.Si , perwakilan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta yang berjumlah 9 (sembilan) orang dan beberapa perwakilan masyarakat Kotagede. Dalam sambutannya Komaru Ma'arif S.I.P, M.Si, menyampaikan bahwa workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada warga masyarakat khususnya kepada para pelaku UMKM yang bkesehariannya berhubungan dengan api.

Dalam Workshop tersebut, Bapak Mujiraharja selaku perwakilan dari Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta memberikan petunjuk dan trik bagaimana cara memadamkan api saat terjadi kebakaran. Acara worksop berjalan lancar dan sangat interaktif, karena beberapa perwakilan peserta workshop yang hadir diberikan kesempatan untuk memadamkan api pada saat dilakukan simulasi kebakaran. Dengan adanya praktek secara langsung tersebut diharapkan apabila saat terjadi kebakaran masyarakat tidak langsung panik dan telah memahami cara pemadaman api yang sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Dinas Pemadam Kebakaran agar api yang ditimbulkan tidak semakin membesar. Pada kesempatan itu edukasi yang diberikan adalah cara memadamkan api saat terjadi kebakaran denagn menggunakan penyemprotan apar dan menggunakan selimut basah.

Tujuan Workshop Penanggulangan Kebakaran ini adalah memberikan petunjuk praktis dalam mencegah dan menghindari kebakaran. Hal ini dikarenakan pencegahan kebakaran merupakan tanggung jawab bersama. Semua masyarakat bertanggung jawab terhadap pencegahan kebakaran d lingkungan masing-masing.

Berikut adalah Unsur-unsur pemicu terjadinya kebakaran di lingkungan rumah tangga dan cara mencegah serta menanggulangi kebakaran.