Workshop Tumbuh Kembang Anak dan Forum Pendidikan Anak Usia Dini

KOTAGEDE- SELASA (21/6) Telah terselenggara acara workshop yang mengusung tema mengenai pentingnya tumbuh kembang anak dan pendidikan anak usia dini, workshop tersebut berlangsung di Pendopo Abdi Praja Kemantren Kotagede pada pukul 10.30 WIB. Nara sumberĀ  workshop salah satunya Ika Nurfebriani, S.Psi, M.Psi, dari Puskesmas II Kotagede, dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa terdapat perbedaan definisi antara tumbuh dan kembang, tumbuh itu secara garis besar dapat diukur, akan tetapi jika kembang atau berkembang tidak dapat diukur. Melainkan hanya dapat diamati ataupun di observas. Salah satu contoh dari pertumbuhan adalah bertambahnya tinggibadan, berat badan. Sedangkan perkembangan anak biasanya berkaitan dengan emosi, kemmaouan bahasa dan kemampuan motorik. Pada anak, terdapat 3 (tiga) kebutuhan yang mendasar dalam proses berkembangnya agar optimal yaitu kebutuhan akan asih,asah dan asuh.

"Jangan pernah membandingkan anak dengan orang lain, dan berikan alasan ketika kita melarang anak melakukan sesuatu." papar Ika Nurfebriani, S.Psi, M.Psi.

Selain itu, hadir pula Dr. Agnes Endar Etikawati, M.Si, Psikolog dari Universitas Sanata Dharma yang menyampaikan materi perkembangan psikologis anak usia dini. Dalam materinya menjelaskan bahwa anak usia dini memiliki karakteristik yang khas, diantaranya adalah rasa ingin tahu yang besar , selain itu dalam tahap perkembangan ini anak mulai meniru perilaku orang yang dia lihat. Oleh karena itu diperlukannya Komunikasi efektif pada anak. Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang diberikan dalam suasana yang nyaman dan saling memahami.

Materi mengenai komunikasi ini disampaikan oleh, Yuyun Evi Hartutik, S.Psi dari HIMPAUDI Kota Yogyakarta. "Ada lima jenis ketrampilan berkomunikasi efektif, yaitu berempati, menyimak, bertanya, bercerita, dan memberi umpan balik." jelas Yuyun Evi Hartutik, S.Psi.