Jauhi Narkoba dan Jadilah Masyarakat Cerdas!!

Komedian Nunung dan sang suami ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu pada Jumat (19/07/2019) sebagaimana dilansir dari Kompas.Com (19/07/2020). Kasus ini menambah deretan panjang selebritas yang tersangkut penyalahgunaan narkoba. Beberapa diantaranya mengaku memakai sabu guna mendongkrak stamina mereka.

Menurut situs https://bnn.go.id/pengertian-narkoba-dan-bahaya-narkoba-bagi-kesehatan/, Dampak dari Narkoba bagi tubuh adalah sebagai berikut:

Dehidrasi

Penyalahgunaan zat tersebut bisa menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang. Akibatnya badan kekurangan cairan. Jika efek ini terus terjadi, tubuh akan kejang-kejang, muncul halusinasi, perilaku lebih agresif, dan rasa sesak pada bagian dada. Jangka panjang dari dampak dehidrasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Halusinasi

Halusinasi menjadi salah satu efek yang sering dialami oleh pengguna narkoba seperti ganja. Tidak hanya itu saja, dalam dosis berlebih juga bisa menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebih, serta gangguan kecemasan. Apabila pemakaian berlangsung lama, bisa mengakibatkan dampak yang lebih buruk seperti gangguan mental, depresi, serta kecemasan terus-menerus.

Menurunnya Tingkat Kesadaran

Pemakai yang menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang berlebih, efeknya justru membuat tubuh terlalu rileks sehingga kesadaran berkurang drastis. Beberapa kasus si pemakai tidur terus dan tidak bangun-bangun. Hilangnya kesadaran tersebut membuat koordinasi tubuh terganggu, sering bingung, dan terjadi perubahan perilaku. Dampak narkoba yang cukup berisiko tinggi adalah hilangnya ingatan sehingga sulit mengenali lingkungan sekitar.

Kematian

Dampak narkoba yang paling buruk terjadi jika si pemakai menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang tinggi atau yang dikenal dengan overdosis. Pemakaian sabu-sabu, opium, dan kokain bisa menyebabkan tubuh kejang-kejang dan jika dibiarkan dapat menimbulkan kematian. Inilah akibat fatal yang harus dihadapi jika sampai kecanduan narkotika, nyawa menjadi taruhannya.

Gangguan Kualitas Hidup

Bahaya narkoba bukan hanya berdampak buruk bagi kondisi tubuh, penggunaan obat-obatan tersebut juga bisa mempengaruhi kualitas hidup misalnya susah berkonsentrasi saat bekerja, mengalami masalah keuangan, hingga harus berurusan dengan pihak kepolisian jika terbukti melanggar hukum.

Oleh sebab itu, jangan coba-coba memakai barang berbahaya tersebut karena resikonya sangat tinggi bagi hidup dan kesehatan. Jadilah masyarakat yang cerdas dengan cara prilaku jauh dari narkoba.

sadaadaKomedian Nunung ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu pada Jumat (19/7/2019). Kasus ini menambah deretan panjang selebritas yang tersangkut penyalahgunaan narkoba. Sering kali hal ini membuat pertanyaan, mengapa kehidupan selebritas begitu dekat dengan narkoba? Ya, bisa dikatakan bahwa perkembangan jaman membuat dunia menjadi semakin terbuka dan pergaulan semakin tanpa sekat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belajar dari Kasus Nunung, Pakar Beri Cara Jauhi Narkoba", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/20/151948720/belajar-dari-kasus-nunung-pakar-beri-cara-jauhi-narkoba?page=all.
Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Editor : Resa Eka Ayu Sartika

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L