FGD Pengembangan Landskap Produktif untuk Penghijauan Kota Yogyakarta

Pada hari Selasa, 11 Agustus 2020 bertempat di Pendopo Abdi Praja Kecamatan Kotagede dilaksanakan Forum Group Discussion (FGD). FGD dengan tema "Pengembangan Landskap Produktif untuk Penghijauan Kota Yogyakarta". Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Kecamatan Kotagede.

Hadir dalam acara ini, Camat Kotagede, Lurah se-Kecamatan Kotagede, ASN Kecamatan Kotagede, Pengurus LPMK, beberapa Ketua Kampung, Ketua RW, dan Narasumber dari tim peneliti UGM.

Tim peneliti dipimpin oleh Siti Nurul Rofiqo Irwan, S.P., M.AGR. Ph.D., sebagai peneliti dan pengajar di Departemen Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian UGM, dan Dr. Eng. Ir. Ahmad Sarwadi, M.Eng, sebagai peneliti dan pengajar di Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik UGM.

Dalam presentasinya para peneliti menyampaikan konsep pengembangan landskap produktif perkotaan Kota Yogyakarta dengan fungsi produktif khususnya di kawasan Kecamatan Kotagede, yang bisa dikonsumsi, seperti tanaman produktif, dan sebagainya. Para peneliti juga mempresentasikan beberapa desain media tanam yang beraneka ragam yang variatif, seperti pot yang digantung secara vertikal hingga membentuk motif batik dan masih banyak lagi. Camat Kotagede dalam kesempatan ini mengusulkan untuk tanaman yang akan ditanam adalah tanman yang memiliki variasi warna yang menarik, dan memiliki ciri khas fotogenik.

Menurut peneliti, permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah tentang konsep fungsi, ruang tanam yang terbatas, cara atau metode penanaman, pemilihan tanaman, desain dan pemeliharaan.

Penelitian dilakukan di beberapa lokasi di wilayah se-Kecamatan Kotagede, antara lain beberapa titik di wilayah Kelurahan Rejowinangun, Kelurahan Prenggan, dan Kelurahan Purbayan. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu Pengembangan Landskap Produktif untuk Penghijauan Kota Yogyakarta, yang bisa ditindaklanjuti dengan anggaran fisiknya, sehingga harapannya Kota Yogyakarta semakin hiijau.