Kunjungan Wakil Walikota Yogyakarta dalam rangka Penyebarluasan Nyamuk Ber-Wolbachia di Wilayah Kecamatan Kotagede oleh WMP

Rabu, 2 September 2020. World Mosquito Program (WMP) terus memperluas penyebaran nyamuk Aedes Aegepty ber-Wolbachia guna menekan laju kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Yogyakarta. Kali ini penyebaran telur nyamuk Wolbachia menyasar Kelurahan Rejowinangun Kecamatan Kotagede, Yogyakarta. Rencananya sebanyak 420 ember yang berisi telor nyamuk ber-Wolbachia akan disebar diseluruh Kelurahan Rejowinangun Kecamatan Kotagede.

Secara simbolis penyerahan ember berisi telor nyamuk ber-Wolbachia untuk Kelurahan Rejowinangun dilakukan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Bapak Drs. Heroe Poerwadi, M.A., dan diterima langsung oleh Camat Kotagede Bapak Rajwan Taufiq  ,S.IP .,M.Si., di Kantor Kelurahan Rejowinangun.

Riris Andono Ahmad sebagai peneliti pendamping di WMP Yogyakarta menuturkan, Kelurahan Rejowinangun menjadi tempat penyebaran telor nyamuk ber-Wolbachia tahap kedua setelah beberapa tahun lalu penyebaran telor nyamuk ber-Wolbachia telah disebar ke beberapa kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta.

Penyebaran nyamuk berWolbachia ini terbukti efektif untuk menekan kasus DBD. Hal ini terbukti sejak uji coba pada tahun 2017 lalu, kasus DBD di Kota Yogyakarta terus berkurang. Setelah tiga tahun diamati ternyata di daerah yang ada nyamuk ber-Wolbachia kasus demam berdarahnya 77 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak disebari.