Wakil Walikota Yogyakarta Tinjau Langsung Vaksinasi untuk Tokoh Agama/Masyarakat di Kemantren Kotagede

Saat ini pemerintah sedang gencar mengadakan vaksinasi massal di seluruh wilayah Indonesia guna menciptakan Herd Immunity. Vaksin diberikan pertama kali untuk tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan penanganan pandemi COVID-19 ini. Selanjutnya vaksin secara bertahap akan diberikan kepada seluruh elemen masyarakat di wilayah kabupaten dan kota di Indonesia. Salah satunya adalah pemberian vaksin kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama yang tentunya memiliki peran penting dalam masyarakat. Vaksinasi tersebut dilakukan secara massal di kantor Kemantren Kotagede dengan harapan memudahkan warga penerima vaksin untuk mengaksesnya dan optimalisasi sasaran vaksin karena jika dilakukan di puskesmas hanya mampu melayani vaksinasi terbatas.

Bersama Mantri Pamong Praja Kotagede dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Wakil Walikota Yogyakarta meninjau langsung proses vaksinasi tersebut.

“Kegiatan vaksinasi untuk tokoh agama dan tokoh masyarakat RT, RW, termasuk Ketua Pengurus Kampung, PKK, dan LPMK mulai dilakukan. Sudah diawali di Kemantren Wirobrajan dan kini dilakukan di Kemantren Kotagede. Selanjutnya dilakukan di seluruh kecamatan lain,” kata Wakil Walikota Yogyakarta yang sekaligus menjabat sebagai  Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kemantren Kotagede Yogyakarta.

Sementara itu, Mantri Pamong Praja Kotagede, Rajwan Taufiq mengatakan, terdapat 205 tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kemantren Kotagede yang masuk sasaran vaksinasi. Namun setelah dilakukan verifikasi, hanya tersisa 140 orang yang akan mendapat vaksinasi. “Sisanya sudah mendapat vaksin karena juga bekerja sebagai ASN atau bekerja menjadi pedagang."