Pelatihan Kerajinan Seni dilaksanakan Kelurahan Prenggan

KOTAGEDE - Dalam upaya melakukan pemberdayaan masyarakat, Kelurahan Prenggan melaksanakan Pelatihan Kerajinan Seni pada Kain pada hari Rabu (16/6) hingga Kamis (17/06). Kegiatan tersebut dihadiri oleh ibu-ibu di wilayah Kelurahan Prenggan.

Kegiatan diawali dengan adanya arahan dari Lurah Prenggan dan Narasumber kegiatan. Selanjutnya peserta pelatihan mendapatkan alat dan bahan yang digunakan dalam pelatihan tersebut. Lurah Prenggan, Urai Herman S.STP., M.Ec dalam arahannya menyatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan masyarakat yang nantinya diharapkan mampu secara perlahan diikuti oleh peningkatan ekonomi. "Dengan adanya pelatihan-pelatihan seperti ini, saya berharap nantinya warga Prenggan bisa meningkatkan ekonominya, sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat yang lebih baik," ujarnya.

Senada dengan Lurah Prenggan, salah satu peserta pelatihan juga mengatakan bahwa pelatihan-pelatihan seperti ini berguna bagi dirinya untuk dapat meningkatkan kemampuan. Namun, ia juga berharap adanya kelanjutan dari pelatihan ini, misalnya tentang proses pemasaran dan penjualan hasil pelatihan.

Dalam kegiatan tersebut selaku narasumber adalah Dra. Enggarwati dan Surbaniyati yang merupakan praktisi dalam bidang kerajinan seni pada kain dari Ngasem, Kadipaten, Kemantren Kraton. Adapun hasil dari pelatihan ini adalah kain dengan bermacam-macam corak dan motif dengan warna dasar merah.