Kotagede Raih Juara III Festival Permainan Rakyat

KOTAGEDE - Dalam rangka menyambut HUT Ke-265 Kota Yogya, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menyelenggarakan Festival Permainan Rakyat yang dilaksanakan secara virtual pada 14-15 September 2021. Dalam acara tersebut, Kemantren Kotagede berhasil meraih juara III dari 14 peserta.

Seperti yang kita semua ketahui, Kota Yogyakarta memiliki banyak sekali permainan rakyat yang berkembang di masyarakat, misalnya dakon, egrang, cublak-cublak suweng, dan engklek. Namun, saat ini sudah jarang sekali kita temui anak-anak atau masyarakat yang memainkan permainan tersebut, bahkan ada juga yang tidak mengetahui permainan tersebut.

Kegiatan Festival Permainan Rakyat sendiri diikuti oleh seluruh kemantren yang ada di wilayah Kota Yogyakarta, yaitu 14 kemantren. Peserta mulai mengirimkan video permainan rakyat pada tanggal 14 September 2021 dan mulai ditayangkan pada youtube Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta pada tanggal 15 September 2021. Juara satu sampai dengan tiga ditentukan oleh dewan juri, sedangkan juara favorit didapat berdasarkan pemberian like dan penonton terbanyak pada video masing-masing peserta. Juara satu diberikan kepada Kemantren Kraton, Juara kedua adalah Kemantren Mantrijeron, Juara Ketiga diberikan kepada Kemantren Kotagede, dan juara favorit diberikan kepada Kemantren Jetis.

Pengumuman kejuaraan dilaksanakan di Hotel Herper Malioboro yang dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Hadiah berupa sepeda juga diiberikan langsung kepada para pemenang oleh Wakil Walikota Yogyakarta. Harapannya dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini, permainan rakyat yang sudah mulai dilupakan kembali memperoleh atensi atau perhatian dari masyarakat, khususnya generasi muda.