Dinas Pariwisata Adakan Festival Kampung Wisata 2021

KOTAGEDE - Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menyelenggarakan Festival Kampung Wisata 2021 yang tersebar di empat (4) titik lokasi, yaitu Kampung Wisata Dewa Bronto, Kampung Wisata Purbayan, Kampung Wisata Cokrodiningratan dan Kampung Wisata Pakualaman. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menghidupkan kembali roda ekonomi masyarakat yang sempat tersendat karena pandemi.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi membuka kegiatan tersebut pada Sabtu (06/11) di halaman Museum Perjuangan, Kemantren Mergangsan. Berdasarkan laman warta.jogjakota.go.id, Heroe menyampaikan bahwa rencana tata ruang wilayah di kota Yogyakarta setiap kelurahan merupakan destinasi wisata, oleh karena itu keberadaan kampung wisata akan didorong dan difasilitasi agar bisa tampil sebagai garda depan dalam jasa pariwisata.

Selain di Museum Perjuangan, Festival Kampung Wisata juga dilaksanakan di Kampung Bumen, Kelurahan Purbayan, Kemantren Kotagede. Kegiatan yang berlangsung pada hari Minggu (07/11) pagi tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kotagede, Lurah se-Kemantren Kotagede, Danramil Kotagede, Kapolsek Kotagede, LPMK, dan para tokoh masyarakat.

Kegiatan tersebut berlangsung meriah. Tidak hanya pmenampilkan potensi wilayah, tetapi juga menampilkan produk-produk UMKM yang ada di wilayah Purbayan, Prenggan, dan Rejowinangun. Ada juga gelaran tari-tarian dan pertunjukkan seni lainnya. Banyak warga yang mengaku senang dengan kegiatan ini. Hal tersebut lantaran mereka haus akan adanya kegiatan-kegiatan kesenian yang sebelum pandemi sering kali dilaksanakan. "Ya senang. Kampungnya jadi ramai, banyak jualan-jualan yang menarik. Seneng pokoknya", ungkap salah satu warga.

Semoga dengan adanya festival ini, ekonomi masyarakat akan terus berputar walaupun di tengah pandemi sekalipun.