Mengenal Lebih Jauh Tentang

KOTAGEDE - Workshop "Isi Piringku" telah berlangsung di Pendopo Abdi Praja Kemantren Kotagede pada Selasa (15/03) pukul 09.00. Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari PKK Pokja III Kota Yogyakarta tersebut bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang konsep makanan sehat dan bergizi seimbang. “Isi Piringku” merupakan pengganti untuk konsep makanan 4 sehat 5 sempurna. Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah anggota PKK Kemantren Kotagede.

"Isi Piringku" adalah salah satu program dari pemerintah yang bertujuan untuk memberikan gambaran dan juga dorongan kepada masyarakat agar hidup sehat dengan gizi seimbang. Selain itu, berbagai masalah kesehatan seperti kurangnya gizi bagi anak-anak, stunting, dan bahkan obesitas masih dihadapi oleh Indonesia. Kota Yogyakarta sendiri misalnya, tingkat stunting masih berada diangka 11,3%. Meskipun angka tersebut masih dibawah dari rata-rata nasional, akan tetapi perlu adanya pencegahan yang lebih dini guna menekan angka kasus stunting tersebut.

Salah satu narasumber yang hadir, Reni Haryani menyampaikan bahwa penting adanya upaya yang nyata untuk menekan kasus stunting di Kota Yogyakarta, salah satunya adalah pemberian makanan sehat dan bergizi bagi balita dan anak-anak.

Workshop “Isi Piringku” ini juga memberikan gambaran makan sehat dan bergizi yang terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan. Adapun makanan pokok yang dapat dikonsumsi bisa mengikuti dengan keadaan tempat dan budaya yang ditinggali, seperti beras, singkok, ubi, sagu, dan lain sebagainya. Lauk pauk yang dikonsumsi juga bisa dari dua jenis sumber, yaitu protein hewani dan protein nabati. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan sayuran dan juga buah-buahan ke dalam “Isi Piringku”.