Kelurahan Rejowinangun Wakili Lomba Proklim DIY Tahun 2022

KOTAGEDE - Kelurahan Rejowinangun pada Selasa (22/03) menjalani penilaian / verifikasi untuk lomba Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat DIY. Dalam kesempatan kali ini, RW 08 diberikan kepercayaan oleh Kemantren Kotagede untuk mewakili lomba proklim tahun 2022 ini. Proklim sendiri adalah sebuah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Dalam acara tersebut, tim juri disambut langsung oleh Mantri Pamong Praja Kotagede, Lurah Rejowinangun, Ketua LPMK, Ketua Kampung Rejowinangun, Ketua RW 08, Ketua RT 24, 25, 26, 50 dan warga RW 08. Acara diawali dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Ketua RW 08, Suparti. Dalam pemaparannya, ia menyampaikan banyaknya potensi yang dimiliki Kelurahan Rejowinangun, khususnya di RW 08. Dia juga menyampaikan bahwa Kelurahan Rejowinangun ini merupakan salah satu Desa Wisata Terbaik menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf) yang berbasis cluster, RW 08 khusunya adalah salah satu wilayah yang termasuk dalam cluster Herbal sehingga ada pemanfataan Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarganya, pemanfaatan komposter, Pengelolaan Bank Sampah, dan kerajinan enceng gondok.

Setelah pemaparan dan beberapa arahan, tim juri melanjutkan penilaian dengan kunjungan lapangan. Mulai dari penilaian administrasi, hingga ke beberapa titik yang menjadi andalan RW 08.

Sebelumnya, Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru Ma'arif menyampaikan bahwa letak geografis RW 08 yang terletak dipinggiran sungai ini tidak lantas menjadikan masyarakat dan lingkungannya menjadi kumuh. Justru, masyarakat memiliki kesadaran yang baik tentang pemeliharaan lingkungan. Hal tersebut ditandai dengan adanya gotong royong untuk membersihkan lingkungan, penanaman tanaman disepanjang jalan, serta kegiatan-kegiatan lain untuk mendukung terciptanya lingkungan yang asri dan bersih.