Penyuluhan Kampung Panca Tertib Kemantren Kotagede Kota Yogyakarta

KOTAGEDE - Sebanyak 30 peserta yang terdiri dari pengurus kampung Kemantren Kotagede mengikuti Penyuluhan Kampung Panca Tertib. Penyuluhan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 12 Mei 2022. Bertempat di Pendopo Kemantren Kotagede, acara yang dipimpin oleh Kepala Jawatan Keamanan, Gunawan Heri Mulyono tersebut berjalan lancar dan interaktif. Adapun berlaku sebagai narasumber yaitu Kompol Suwardi, S.Pd., S.H, dari Polsek Kotagede dan Sri Windarsih, S.Sos. dari Satpol PP Kota Yogyakarta.

Gerakan Kampung Panca Tertib atau Rampung Panertib adalah suatu aktivitas sosial berbasis kampung yang dilakukan secara dinamis dan terus menerus oleh masyarakat melalui Forum Kampung Panca Tertib dengan didukung Pelopor Ketertiban dan Duta Ketertiban untuk mewujudkan komitmen Panca Tertib.

Pada kesempatan tersebut, Kompol Suwardi, S.Pd., S.H, menyatakan bahwa Polsek siap mendukung, dan siap berpartisipasi dalam menanamkan nilai nilai ketertiban di masyarakat, di Polsek sendiri secara rutin telah melakukan pemantauan dan pengawasan di lapangan dan menindak lanjuti masyarakat yang melanggar aturan-aturan yang telah disepakati.

Sementara Sri Windarsih, S.Sos menyampaikan kepada peserta, bahwa harus ada inovasi inovasi yang perlu dibuat dalam Gerakan Panca Tertib, mengingat kondisi dan situasi masyarakat selalu mengalami perubahan.

Ahmad Wahyu dan Agung Pujo yang merupakan peserta pada acara tersebut turut memberikan masukan bahwa tidak hanya pihak wilayah saja, namun pihak Satpol PP kota, Polsek, maupun pihak terkait lainnya diharapkan tetap ikut serta mengkoordinir jalannya gerakan kampung panca tertib, karna di lapangan sering kali, pengurus kampung mengingatkan kepada masyarakat yang melanggar aturan, namun malah diabaikan.

Agung menambahkan contoh saja proses izin IMB, berkali kali pihak kami kelurahan, kemantren dan wilayah menghimbau untuk membuat izin IMB sebelum melakukan pembangunan, namun tetap saja masyarakat ngeyel dan abai.Dengan bantuan Satpol PP kota dan Polsek kami harapkan masyarakat akan takut dan lebih tertib dengan aturan yang ada