Go Digital - Sosialisasi Pengembangan UMKM di Yogyakarta

KOTAGEDE – Senin (08/06) bertempat di Pendopo Kemantren Kotagede telah berlangsung kegiatan Sosialisasi Pengembangan UMKM - Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Pengembangan UMKM Go Digital di Yogyakarta yang diadakan oleh Jawatan Kemakmuran bekerjasama dengan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sosialisasi tersebut dihadiri masyarakat yang memiliki UMKM di wilayah Kotagede dengan berbagai macam bidang usaha. Adapun harapan dari terlaksananya sosialisasi tersebut ialah mendorong digitalisasi pengelolaan UMKM dengan memanfaatkan aplikasi Tokopedia dan SooltanPay. Narasumber dalam kesempatan ini, yaitu Fransiska Arum selaku pihak Sooltanpay dan Muhammad Subehan dari Tokopedia.

Digitalisasi UMKM adalah perubahan dari sistem konvensional ke digital sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis dan operasional UMKM. Digitalisasi UMKM membuat pelaku usaha UMKM mengubah pengelolaan bisnisnya dari praktik konvensional ke modern. Melalui sosialisasi tersebut para pelaku usaha UMKM didampingi untuk meregistrasi akun aplikasi Tokopedia, SooltanPay, dan Shopee yang nantinya mempermudah dalam menjual produk, memasarkan produk lebih luas, serta memudahkan dalam proses transaksi pembayaran digital.

Seperti yang diketahui Tokopedia merupakan salah satu mall belanja berbasis online yang memungkinkan setiap orang dan pemilik bisnis di Indonesia untuk membuka dan mengurus toko online yang penggunaannya mudah dan bebas biaya, sekaligus memberikan sebuah pengalaman jual beli online aman dan nyaman. Sehingga dengan menggunakan Tokopedia sebagai sarana penjualan produk, para pemilik UMKM juga ikut membantu pemerintah dalam peningkatan ekonomi masyarakat di masa modern.

Sementara itu, saat ini semakin berkembang pesat aplikasi pembayaran digital yang memudahkan masyarakat dalam bertransaksi non-tunai atau cashless, salah satu aplikasinya yaitu SooltanPay. Aplikasi tersebut di tujukan untuk UMKM Indonesia yang memiliki fitur utama QRIS, PPOB, Pencatatan Produk Toko & transaksi serta Toko Online. Aplikasi Sooltan memberikan peluang baru bagi UMKM untuk mendapatkan tambahan income, efisiensi operasional, dan perluasan jangkauan pasar. Selain digunakan dalam pembayaran digital, SooltanPay juga memfasilitasi layanan PPOB melalui fitur Pulsa & Tagihan di mana UMKM bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi agen jasa penjualan pulsa dan pembayaran tagihan. Fitur-fitur yang ada di SooltanPay diharapkan mampu membantu UMKM di Kotagede semakin sejahtera.