Workshop Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kotagede

KOTAGEDE (10/8) - Pada Hari Selasa tanggal 9 Agustus 2022 pukul 09.00 WIB berlangsung Workshop Pembauran Kebangsaan (FPK) si Pendopo Abdi Praja Kemantren Kotagede. Bapak Komaru Ma'arif S.I.P, M.Si selaku Mantri Pamong Praja memberikan sambutan dan ucapan terimakasih kepada para peserta workshop yang telah hadir pada pagi itu. Dalam sambutannya Bpaak Komaru menyampaikan bahwa Worksop Forum Pembauran Kebangsaan ini sebagai salah satu momen dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan. "Monggo kita semua ikut menggerakan dan menanamkan semangat patriotisme", imbuh Bapak Mantri Pamong Praja.

Dalam kesempatan ini hadir juga narasumber yaitu Bapak Wahyudi, S.Psi, M.Si dan Achmad Charris Zubair. Menurut Bapak Wahyudi tujuan meningkatkan pembauran kebangsaan adalah untuk kejayaan bangsa. Penting disampaikan untuk generasi sekarang bahwa pembauran adalah menyatukan berbagai macam perbedaan yang kemudian dibentuk menjadi sesuatu yang indah. "Penanaman nilai harus dilakukan sejak dini, seperti nilai Pancasila harus sejak dini dikenalkan dan ditanamkan", papar Wahyudi.

Acara workshop ini juga berlangsung sangat interaktif ketika nara sumber Bapak Achmad Charris Zubair meminta beberapa perwakilan peserta Worksop untuk memerankan sebuah adegan tanpa dialog. Dalam adegan tersebut ketiga orang peserta saling berebut kertas kosong dari peserta satu dengan peserta lainnya. Setelah adegan tersebut selesai, kemudian Bapak Achmad Charris menjelaskan bahwa filosofi dari adegan yang diperankan tersebut memiliki makna bahwa semua orang hidup di dunia mempunyai kepentingan masing -masing tetapti jangan sampai mengorbankan orang lain dalam mencapai tujuan tersebut. Sehingga diperlukan sedikit pengorbanan tanpa merugikan orang lain dalam mencapai tujuan hidup kita. Perbedaan pandangan dan perbedaan pemaknaan terhadap nilai dapat terjadi karena perbedaan persepsi.