Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022

KOTAGEDE – Rabu (17/8) telah terlaksana Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia bertempat di halaman SMA N 5 Yogyakarta. Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai inspektur upacara Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede, Bapak Komaru Ma'arif S.I.P., M.Si. dan dipimpin oleh Komandan Upacara Panit Binmas Polsek Kotagede, Bapak Ipda Heru DS. Upacara berlangsung secara khidmat dan penuh semangat. Upacara tersebut dihadiri Danramil 08/Kotagede Kapten Kav Rusdin, Kapolsek Kotagede Kompol Suwardi S. Pd, S.H, Kepala KUA Kotagede, Kepala Puskesmas Kotagede I dan II, LPMK Kemantren Kotagede, perwakilan siswa SD, SMP, dan SMA serta lainnya.

Rangkaian upacara berjalan lancar, diantaranya ialah pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih, pemberian amanat oleh Inspektur Upacara, pembacaan Teks Proklamasi, pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan doa, mengheningkan cipta, serta menyanyikan lagu 17 Agustus 1945. Amanat yang diberikan oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede, Bapak Komaru Ma'arif S.I.P., M.Si merupakan naskah dari Gubernur D.I.Y. yang berisi Peringatan Proklamasi Kemerdekaan sama halnya dengan sebuah perenungan spiritual, yang dalam budaya JAwa jumbuh dengan menunaikan patrap, melalui adeping tekad dan cloroting batin, sura dira jayaningrat lebur dening pangastuti, sebagai laku yang ditempuh menuju pangajab-sih kawilujengan langgeng. Perenungan dilakukan dengan introspeksi memusatkan kekuatan batinsebagai sumber hikmah, dan selanjutnya menjadi pencerah pikir dalam menunaikan cita-cita Proklamasi berlandaskan istiqomah konsisten, konsekuen, dan berkelanjutan. Dan, alangkah baiknya apabila peringatan kemerdekaan kali ini sebaiknya diliputi suasana samadya lan prasaja tanpa mengurangi makna esensialnya. Peringatan kemerdekaan juga menjadi momen retrospeksi, dengan mengenang jasa para pahlawan melalui niti-laku dan napak-tilas jejak sejarah yang ditinggalkannya, seraya mendoakan, agar arwah para syuhada bangsa itu memperoleh pahala sesuai amal-bhaktinya, serta diterima di haribaan-Nya dan diampuni segala dosanya.

Dalam memaknai HUT ke-77 RI 2022, haruslah merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang mempersatukan Indonesia. Bahwa kemajemukan harus dikreasikan sebagai sumbu yang menerangi keutuhan bangsa dan Negara. Kemajemukan politik dan ekspresinya dalam kehidupan ber-Indonesia, tidak akan memperlemah semangat untuk lebih menyatu. Justru kemerdekaan kemajemukan itulah menjadikannya energi pengembangan daya kreasi bangsa. Keunikan bangsa dalam keberagaman, justru menjadi perekat yang memperkuat jati diri bangsa. Bahkan, kekhasan budaya lokal yang dapat dikembangkan sebagai kearifan lokal, hendaknya dapat diberdayakan guna menampung segala kemajemukan itu, sekaligus memperteguh semangat persatuan Indonesia. Dengan visi kemajemukan demi kohesi nasional bangsa itulah, hendaknya kita renungkan makna Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, Seraya terus-menerus  menjaga nyala spirit Indonesia Raya: “BANGUNLAH JIWANYA, BANGUNLAH BADANNYA!”