Literasi dan Sosialisasi Wakaf Uang - LWU UNISIA

KOTAGEDE (12/01) – Seusai kegiatan Pengajian Rutin di Pendopo Abdi Praja Kemantren Kotagede telah terlaksana Literasi dan Sosialisasi Wakaf Uang oleh Lembaga Wakaf Uang UNISIA YBW UII. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Kotagede, Kepala KUA Kotagede, Kepala Puskesmas Kotagede II, perwakilan dari Polsek serta Koramil Kotagede. Selaku narasumber Dr. Siti Achiria, S.E., M. M. menyampaikan bahwa LWU UNISIA memiliki misi menghimpun dan memproduktifkan dana wakaf secara optimal, meningkatkan literasi tentang wakaf uang, menyalurkan pengelolaan dana wakaf kepada masyarakat, serta bekerja sesuai standar syariah; amanah; produktif; dan berbasis teknologi informasi. Kegiatan berlangsung interaktif, Bapak dan Ibu peserta aktif bertanya mengenai penjelasan wakaf secara lebih mendalam. Sementara itu, disampaikan pula cara berwakaf uang dengan mudah melalui dompet digital atau M-banking yang kemudian para wakif diberi sertifikat sebagai bukti telah berwakaf. Dengan adanya penggunaan teknologi tersebut harapannya dapat semakin mempermudah proses wakaf.

Adapun program wakaf uang yang dimiliki Lembaga Wakaf Uang UNISIA, diantaranya

  1. Wakaf Uang Permanen (WUP)
    Wakif menyerahkan uang untuk selamanya tanpa minimal nominal wakaf uang yang akan disalurkan untuk pengembangan pendidikan, usaha, dan kemaslahatan umat.
  2. Wakaf Uang Temporer (WUT)
    Wakif menyerahkan uang yang dapat ditarik kembali sesuai waktu yang telah ditentukan, minimal nominal Rp1.000.000 dengan jangka waktu minimal 1 tahun yang akan disalurkan untuk pengembangan pendidikan, usaha, dan kemaslahatan umat.
  3. Wakaf Melalui Uang (WMU)
    Wakif menyerahkan wakaf uang untuk selamanya tanpa minimal nominal untuk pembangunan Rumah Cendekia Qur’an UNISIA (RCQU) Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia.