Dropbox Sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) di Kemantren Kotagede

KOTAGEDE- Pemilahan sampah anorganik yang merupakan sampah yang paling banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti botol plastik, ember bekas, wadah makanan, kemasan kosmetik, kertas hvs, kardus, koran, kaleng minuman, botol kaca, dan lain sebagainya dapat dikelola dan dimanfaatkan kembali menjadi produk daur ulang, seperti vas bunga, tas, lampu hias, souvenir, dll atau dapat langsung diserahkan ke Bank Sampah/Pengepul yang nantinya dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang diangkut ke TPA serta dapat memberikan penghasilan tambahan bagi warga.

Jenis sampah lainnya ialah sampah residu dan sampah B3. Sampah residu ialah sampah yang tidak dapat didaur ulang, contohnya gabus bekas, masker, punting rokok, pembalut, dsb yang pengolahannya dapat langsung disalurkan ke mitra pengolah sampah residu. Sedangkan sampah B3 merupakan sampah yang mengandung bahan berbahaya beracun, seperti bekas elektronik, obat-obatan, baterai bekas, dsb

Saat ini pembuangan sampah B3 dapat dilakukan di Kemantren Kotagede, masyarakat sekitar Kotagede dapat membuang di dropbox yang disediakan di depan Halaman Kemantren Kotagede. Dengan dipaparkannya berbagai jenis sampah dan cara pengelolaanya diharapkan diharapkan tidak ada sampah anorganik yang dibuang ke TPA dan akan meningkatkan pengurangan sampah sesuai yang ditargetkan pada tahun 2023.