Pengukuhan Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kemantren Kotagede

Yogyakarta – Senin, 20 Maret 2023 telah terlaksana pengukuhan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan masa bhakti 2023-2028 untuk Kelurahan Purbayan, Prenggan, dan Rejowinangun. Acara tersebut dilaksanakan di Pendopo Abdi Praja Kemantren Kotagede dan berlangsung dengan khidmat dan lancar. Adapun pengurus yang dilantik untuk Kelurahan Purbayan dengan ketua umum, Drs. Miftachul Alfin, MSHRM meliputi jabatan Ketua I & II, Sekretaris I & II, Bendahara I & II, Koordinator Bidang Agama dan Ketahanan Keluarga beserta anggota, Koordinator Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Hidup beserta anggota, Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Wanita, dan Kepemudaan beserta anggota, Koordinator Bidang Perekonomian dan Industri Kreatif beserta anggota, Koordinator Bidang Budaya dan Pariwisata beserta anggota, Koordinator Bidang Budaya dan Pariwisata beserta anggota, Koordinator Bidang Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga beserta anggota.

Sementara untuk Kelurahan Prenggan yang diketuai oleh Karjono, S.T. memiliki susunan pengurus yaitu, Ketua I, Sekretaris I & II, Bendahara I & II, Koordinator Bidang Pembangunan dan Lingkungan beserta anggota, Koordinator Sosial dan Ekonomi beserta anggota, Koordinator Hubungan Masyarakat beserta anggota, dan Koordinator Keamanan dan Ketertiban beserta anggota. Dan yang terakhir, Kelurahan Rejowinangun dengan ketua umum Lusena Sansibarta, S.T. yang beranggotakan Ketua  I& II, Sekretaris I & II, Bendahara I & II, Seksi Pembangunan Fisik, Seksi Pembangunan Non Fisik, dan Seksi Kesejahteraan Rakyat.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede, Komaru Ma’arif, S.I.P., M.Si. menyampaikan selamat kepada seluruh anggota pengurus yang terpilih sehingga mengemban amanah untuk menjaga kepercayaan dari masyarakat di kelurahan masing-masing. LPMK merupakan lembaga / wadah yang dibentuk berdasarkan prakarsa masyarakat yang difasilitasi pemerintah melalui musyawarah mufakat sebagai mitra kelurahan dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan. Harapannya dengan pengurus LPMK baru tersebut dapat meneruskan dan mengembangkan apa yang sudah dibangun oleh pengurus sebelumnya. Setiap anggota pengurus antara ketua, sekretaris, koordinator, dan seksi dapat menjalin komunikasi yang baik sehingga dapat saling bersinergi serta berkolaborasi dalam menjadi mitra bagi masing - masing kelurahan.

Selain itu, adapun Bapak Drs. Miftachul Alfin, MSHRM selaku Ketua Umum LPMK Kelurahan Purbayan menyampaikan bahwa terdapat dua kunci keberhasilan dalam kepengurusan LPMK lima tahun kedepan, yaitu yang pertama dengan mambangun secara harmoni antara LPMK dan kelurahan karena tanpa adanya proses komunikasi yang baik dan saling memahami posisi masing-masing maka tidak akan berjalan lancar. Kedua, internal dalam LPMK antar pengurus dapat berkolaborasi bersama-sama menjalankan program dengan memahami potensi dan permasalahan yang ada di kelurahan bersama dengan lurah. “Mohon kepada bapak ibu lurah dapat mendukung dan memfasilitasi setiap kegiatan yang ditujukan untuk membawa kebaikan pada kelurahan masing-masing” tutup beliau.