Kunjungan Tim Penilai Evaluasi Kinerja Kemantren Tahun 2023 di Kemantren Kotagede

KOTAGEDE- (10/10) Kemantren Kotagede menerima kunjungan Tim Evaluasi  Kinerja Kemantren Kota Yogyakarta pada Hari Selasa tanggal 10 Oktober 2023. Bertempat di Pendopo Abdi Praja Kemantren Kotagede Mantri Pamong Praja Bapak Komaru Ma'arif S.I.P, M.Si beserta jajarannya menyambut kedatangan Tim Evaluasi Kinerja Kemantren yang dipimpin oleh Asisten Pemerintah dan Kesejeterahan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta, Drs. Yunianto Dwisutono. Dalam Kunjungan tersebut juga dihadiri dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Yogyakarta yang bertugas sebagai tim evaluasi Kinerja Kemantren sesuai dengan tugasnya masing masing .

Dalam Acara Evaluasi Kinerja Kemantren tersebut dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Mantri Pamong Praja, Komaru Ma'arif S.I.P, M.Si dalam sambutannya, menyampaikan selamat datang kepada Tim Evaluasi Kinerja Kemantren. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Mantri Pamong Praja Kotagede, Pemaparan yang disampaikan oleh Mantri Pamong Praja berkaitan dengan Gambaran Umum mengenai Kemantren Kotagede terutama pada aspek cagar budaya dan kesenian yang ada di Kemantren Kotagede, sebagaimana di ketahui bahwa Kotagede identik dengan situs budaya sehingga saat ini Kemantren Kotagede berupaya untuk tetap menjaga dan melestarikan peninggalan yang ada  Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai penanganan Darurat Sampah, Pencegahan dan Penanganan Stunting, Pencegahan Angka Kematian Ibu dan Anak  serta penjabaran mengenai inovasi-inovasi yang ada di kemantren Kotagede seperti inovasi Teqomas (SisTEm quicKresponse cOde MASyarakat KotAgede),Vespa Asik (Intervensi Terpadu Atasi Stunting Kotagede), Sukuran Online (Survey Kepuasan Masyarakat Online). Selanjutnya Bapak Mantri Pamong Praja juga menampilkan daftar prestasi apa saja yang berhasil diperoleh oleh Kemantern Kotagede selama periode September 2022 sampai dengan Agustus 2023. Setelah pemaparan oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede acara dilanjutkan dengan kegiatan wawancara serta tanya jawab antara Tim Verifikasi Lapangan  dengan Pegawai atau Staff masing-masing Jawatan . Kegiatan Evaluasi ini merupakan verifikasi lapangan terhadap dokumen yang sudah diunggah dalam aplikasi SIKEREN.

Dalam kegiatan Evaluasi ini Kemantren Kotagede juga memamerkan produk-produk UMKM yang dihasilkan UMKM di wilayah Kotagede baik kuliner khas Kotagede seperti Kipo, Kembang Waru, Lego Moro dan jamu gendong J’ger  Rejowinangun selain itu ditampilkan juga beberapa hasil kerajinan UMKM Kotagede seperti Batik Shibori dan Tas Rajut. Kegiatan menampilkan hasil UMKM ini merupakan salah satu usaha Kemantren dalam ikut mendorong kemajuan UMKM.