Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Kemantren Kotagede

Yogyakarta- Kemantren Kotagede menjadi salah satu dari 14 kemantren di Kota yogyakarta yang ikut melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024. Bertempat di Pendopo Abdi Praja Kemantren Kotagede kegiatan yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol Kota Yogyakarta tersebut berlangsung mulai pukul pukul 13.15 WIB s/d 14.40 WIB.

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Komaru Ma’arif S.I.P, M.Si selau Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede memberikan sambutan kepada peserta deklarasi, dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa kegiatan deklarasi pemilu damai merupakan sebuah kegiatan yang dinilai penting karena merupakan sebuah kegiatan yang mampu untuk menekankan kepada semua pihak untuk dapat bersinergis demi menjaga kondusivitas wilayah Kota Yogyakarta, khususnya di Kemantren Kotagede. Dipimpin langsung oleh Bapak Mantri Pamong Praja , para hadirin bersama-sama berdeklarasi Pemilu Damai. Dalam deklarasi para hadirin siap turut serta berperan aktif dalam mewujudkan situasi yang kondusif, damai dan menggembirakan dalam pesta demokrasi Tahun 2024, Menolak segala bentuk pelanggaran dalam Pesta Demokrasi Tahun 2024, Menjadikan pemilu Tahun 2024 sebaga sarana integrasi bangsa dan masyarakat Kota Yogyakarta.

Melalui deklarasi pemilu damai di Kemantren Kotagede para hadirin yang turut membubuhkan tandatangan pada deklarasi pemilu damai untuk menjaga komitmennya dalam merealisasikan Pemilu 2024 yang damai. Diharapkan semua pihak yang membubuhkan tanda tangan Hal ini tentunya juga diharapkan semua pihak yang ikut membubuhkan tanda tangannya juga dapat bersinergis untuk menjaga kondusivitas wilayah Kota Yogyakarta, khususnya Kemantren Kotagede. Salah satu rangkaian kegiatan deklarasi damai yaitu Kirab Pemilu Tahun 2024 .

Pada kirab budaya ini Kemantren Kotagede diikuti oleh Panitia Pemungutan Suara, Panitia Pemilihan Kecamatan, Sekretariatan PPK, Sekretariat PPS dan Tenaga Pndukung. Dengan Mengusung Tema Sukseskan Pemilu para peserta kirab dari Kemantren Kotagede mengenakan busana khas adat dari Indonesia. Ditemui di Kemantren Kotagede Adriyan Sijabat salah satu peserta kirab sangat antusias ikut berpartisipasi dalam mengikuti kirab. Hal ini terlihat dari para peserta kirab dari Kemantgren Kotagede bersiap-siap mengenakan berbagai busana adat Indonesia seperti busana Jawa, Busana Adat Bugis, Busana Adat Bali. Rute  kirab Pemilu Damai Tahun 2024 dimulai Kantor DPRD DIY sampai dengan Titik Nol Kota Yogyakarta.