Kemantren Kotagede melaksanakan Pelatihan eco enzyme

KOTAGEDE- Kegiatan pelatihan eco enzyme dilaksanakant di pendopo abdi praja kemantren kotagede. Ibu Suharti sebagai kepala jawatan umum Kemantren Kotagede memberikan sambutan kepada peserta pelatihan, bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan diharapkan agar para peserta pelatihan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pelatihan ini dihadiri oleh 40 orang peserta. Melalui pelatihan ini diharapkan agar peserta dapat memanfaatkan ilmu yang di dapat untuk belajar tentang bagaimana proses membuat eco enzyme. Apa itu eco enzyme? Eco enzyme adalah cairan alami serba guna yang merupakan hasil fermentasi dari gula jawa atau gula merah, sisa buah/sayuran yang masih segar, dan air. Lama pembuatan eco enzyme adalah 3 bulan di wilayah tropis dan 6 bulan di wilayah sub tropis. Hasil dari eco enzyme adalah cairan berwarna kecoklatan dengan aroma asam segar. Warna eco enzyme bervariasi dari coklat muda hingga coklat tua tergantung dengan jenis sisa buah/sayuran dan jenis gula yang digunakan.

Dengan membuat eco enzyme kita dapat mengolah sebagian besar sampah dan mengurangi sampah di TPA. Eco enzyme juga mengurangi prosuksi limbah kimia sintetis dan sampah plastik sisa kemasan produk rumah tangga pabrikan.