Semarak Kotagede Mencari Bakat #8 dan Gebyar UMKM

KOTAGEDE-Pagelaran Seni dan Budaya “ Kotagede Mencari Bakat “ (KMB) #8 digelar kembali pada tahun 2023. Kotagede Mencari Bakat tahun ini merupakan tahun kedelapan. Seperti pagelaran sebelumnya, acara ini juga menyajikan berbagai potensi seni dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Kemantren Kotagede. Acara Kotagede Mencari Bakat yang diselenggarakan di halaman Kantor Kemantren Kotagede berlangsung selama 2 (dua) hari dimulai dari Hari Jumat Tanggal 17 November 2023 sampai dengan 18 November 2023. Dibuka secara resmi oleh Bapak Komaru Ma’arif , S.I.P, M.Si selaku Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede.

“Alhamdulillah Kotagede Mencari Bakat kembali kami gelar, KMB merupakan wujud apresiasi dan dukungan dari kami kepada masyarakat kotagede untuk menyalurkan bakat dan potensi yang dimilikinya“ ucap Komaru Ma’arif , S.I.P, M.Si. Beliau juga mengaku akan terus menjadikan acara Kotagede Mencari Bakat menjadi acara rutin yang digelar setiap setahun sekali. KMB VIII ini diikuti oleh 57 peserta, yang terdiri dari LIMA kategori yaitu tarian anak, tarian dewasa, musik anak-anak, musik dewasa dan paduan suara. Peserta KMB VIII menampilkan potensi masing- masing dengan maksimal dihadapan hadirin dan dewan juri penilai.

Adapun juri penilai Kotagede Mencari Bakat VIII ini terdiri dari Desti Indrawati, S. Sn, Ali Nur Sotya Nugraha, dan Agus Budi Nugroho . Tepat pada pukul 22.00 WIB Komaru Ma’arif S.I.P, M.Si membacakan hasil dari penilaian juri, dan diumumkan peserta terbaik dari kategori musik dan tari, serta kategori paduan suara.

Acara Kotagede Mencari Bakat #8  ini juga dimeriahkan dengan bazar pelaku UMKM. Sebanyak 32 stand UMKM turut menyemarakan pagelaran Kotagede Mencari Bakat VIII. UMKM ini merupakan kumpulan usaha mikro kecil dan menengah yang ada di wilayah Kecamatan Kotagede. Produk UMKM yang dijual pada acara pasar rakyat tersebut terdiri dari berbagai macam variasi antara lain kerajinan, kuliner hingga produk herbal.

 

Pasar rakyat ini diselenggarakan di halaman kantor Kemantren Kotagede mulai pada siang hari hingga malam hari selama du ahari berturut-berturut mengikuti acara pagelaran kotagede mencari bakat VIII. Ditemui di sela-sela acara Suharti,Amd selaku Plt Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan Kemantren Kotagede mengungkapkan bahwa “acara pasar rakyat ini kami selenggarakan sebagai salah satu wujud dukungan dari kami untuk memberikan ruang dan memberikan dukungan kepada pelaku UMKM terutama UMKM yang berada di wilayah Kemantren Kotagede dalam memperkenalkan produk yang dijual kepada masyarakat “.

Salah satu cara meningkatkan pendapatan UMKM dalam acara ini adalah melalui pembagian kupon bagi para peserta KMB. Setiap peserta mendapatkan 4 lembar voucher dimana nilai 1 lembar voucher adalah senilai Rp. 2.000,00 . Voucher yang dibagikan dapat digunakan untuk membeli di stand UMKM yang ada. Setelah selesai acara penjual UMKM dapat menukarkan voucher tersebut kepada penyelenggara untuk ditukarkan dengan uang tunai.