Kawasan Wisata Budaya Berkelanjutan, salah satu tema Musrenbang Kelurahan Purbayan

KOTAGEDE-Bertepatan di Pendopo Kelurahan Purbayan telah terlaksana Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Purbayan Tahun 2024 untuk Usulan Pembangunan Tahun 2025 Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Keberlanjutan Pembangunan Kota Yogyakarta. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Mantri Pamong Praja, Lurah Purbayan, Kepala Jawatan Kemantren Kotagede, LPMK, DPRD Dapil 5, Ketua Kampung, Ketua RW, Lembaga Kelurahan, OPD lain,  Forkompimtren, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Kelurahan Purbayan mengusung tema Kelurahan Purbayan menuju kawasan wisata budaya berkelanjutan yang berwawasan lingkungan dengan SDM berkualitas dan menumbuhkan UMKM yang berdaya, dikembangkan dan dimanfaatkan dalam rangka untuk kemaslahatan warga Kelurahan Purbayan. Adapun beberapa usulan yang disampaikan dalam Musrenbang Kelurahan Purbayan ini, terbagi atas usulan kegiatan utama dan usulan kegiatan pendukung yang masing-masing juga terbagi menjadi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Infrastruktur.

       Sebagai contoh usulan kegiatan utama pemberdayaan masyarakat dengan adanya Pelatihan Budaya untuk peningkatan kualitas, Pelatihan Budaya yang bersifat rutin, Pelatihan Kepariwisataan, Pelatihan Kerajinan, Pelatihan Manajemen UMKM, Penyelenggaraan Gelar Potensi dan Pembinaan Pemuda, sedangkan untuk pembangunan infrastruktur dengan Pengolahan sampah organik dan pengadaan sarprasnya, Pengadaan/pembebas lahan untuk penyelamatan situs, Pembuatan DED dan pembangunan Gedung Serbaguna eks RK, Pemeliharaan RTHP Gedongan.

Kegiatan musrenbang diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh Mantri Pamong Praja Kotagede, Lurah Purbayan, dan LPMK Kelurahan Purbayan.