Koordiansi Tim Pendamping Kesehatan Jiwa Masyarakat Kemantren Kotagede.

KOTAGEDE- Bertempat di Pendopo Abdi Praja Kemantren Kotagede berlangsung Rapat Koordinasi Tim Pendamping Kesehatan Jiwa Masyarakat. Disambut langsung oleh Mantri Pamong Praja Kotagede, Bapak Komaru Ma'arif, S.I.P, M.Si , dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Anggota TPKJM Kotagede. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa kita sebagai Tim TPKJM harus sering bertemu untuk melakukan koordinasi dan evaluasi. Masa bakti Tim TPKJM  selama 3 tahun yaitu dari tahun 2022-2025 perlu dilakukan evaluasi tentang apa saja yang telah dilakukan . Seperti diketahui di Kemantren Kotagede termasuk banyak ditemukan beberapa masalah.

Sebagaimana diketahui maksud dan tujuan TPKJM adalah agar terdapat pemahaman yang sama bagi semua pelaku  penanganan kesehatan jiwa dan efektifitas-efisiensi langkah percepatan penanganan kesehatan jiwa.

Salah satu terobosan dalam mengatasi permasalahan kesehaan jiwa yaitu dengan adanya Kedai Sewaktu (Sehat Jiwa Kotagede I). Kedai sewaktu adalah kedai (warung) yang digunakan untuk memproduktifkan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang terkontrol agar mereka mempunyai penghasilan melalui berdagang. ODGJ yang bertugas di Kedai Sewaktu telah dilatih Pendidikan dasar dalam jual beli khususnya bagaimana cara melayani pembeli dengan ramah, menghitung nominal rupiah uang yang harus dibayarkan dan juga menghitung pengembalian uangnya dengan benar.

Selain itu beberapa waktu yang lalu, semua kelurahan di Kotagede tergabung dalam kelurahan Siaga Sehat Jiwa yang merupakan sambungan dari TPKJM