Gerakan Pangan Murah DPKP DIY Di Kemantren Kotagede, Disambut Antusias Warga

KOTAGEDE- Gerakan Pangan Murah disambut antusias oleh warga masyarakat Kemantren Kotagee.Gerakan Pasar Murah yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY digelar di Kantor Kemantren Kotagede, Rabu (10/7/2024).Analis Ketahanan Pangan DPKP DIY Sumaryatin menjelaskan berbagai komoditas sembilan bahan pokok dijual dengan harga di bawah pasaran. Mulai dari beras, minyak goreng, telur ayam, dan berbagai komoditas lainnya. 

Dalam kegiatan ini masyarakat dapat memperoleh harga bahan pokok lebih murah dari pada harga jual dipasaran. Dalam gerakan pangan murah ini komoditi yang paling diminati adalah minyak goreng. Terlihat banyak warga masyarakat yang datang dan mengantri pada distributor minyakita. Salah satu distributor Minyakita bahkan menyediakan hingga 80 karton. Masing-masing botol 900 ml dijual dengan harga Rp 12.500. Sementara, harga minyakita di pasaran dengan ukuran 1 liter dibanderol dengan harga Rp 16 ribu.

Salah satu warga yang ditemui, Sumiatin mengaku sengaja datang ke bazar ini untuk membeli minyak goreng dan membeli untuk stok persediaan dirumah. "Saya sangat senang karena bisa mendapat harga bahan pokok lebih murah disini , hitung-hitung bisa hemat kebutuhan dapur," jelasnya

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Bapak Komaru Ma'rif, S.I.P, Msi juga memanta langsung jalannya acara. Beliau juga mengharapkan gerakan ini dapat membantu warga masyarakat secara luas. Srlain itu diharapkan melalui gerakan pangan murah ini dapat tercipta stabilisasi harga pangan pokok terutama beras, minyak goreng, cabai, dan berbagai sembako lainnya.