Meriah,  Kotagede Mencari Bakat #9 Hadirkan Berbagai Pertunjukan Seni Budaya

KOTAGEDE-Pagelaran Seni dan Budaya “ Kotagede Mencari Bakat “ (KMB) #9 digelar kembali pada tahun 2024. Kotagede Mencari Bakat tahun ini merupakan tahun kesembilan. Seperti pagelaran sebelumnya, acara ini juga menyajikan berbagai potensi seni dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Kemantren Kotagede. Acara Kotagede Mencari Bakat yang diselenggarakan di halaman Kantor Kemantren Kotagede berlangsung selama 2 (dua) hari dimulai dari Hari Jumat Tanggal 12 Juli sampai dengan 13 Juli 2024.

 

Dibuka secara resmi oleh Bapak Komaru Ma’arif , S.I.P, M.Si selaku Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede.Pagelaran Kotagede Mencari Bakat (KMB) telah selesai dilaksanakan pada 12-13 Juli lalu. Melalui kegiatan ini , diharapkan dapat mengembangkan potensi kesenian masyarakat sekitar.  “Alhamdulillah Kotagede Mencari Bakat kembali kami gelar, KMB merupakan wujud apresiasi dan dukungan dari kami kepada masyarakat kotagede untuk menyalurkan bakat dan potensi yang dimilikinya“ ucap Komaru Ma’arif , S.I.P, M.Si. Beliau juga mengaku akan terus menjadikan acara Kotagede Mencari Bakat menjadi acara rutin yang digelar setiap setahun sekali. KMB#9 ini diikuti oleh 70 peserta, yang terdiri dari LIMA kategori yaitu tarian anak, tarian dewasa, musik anak-anak, musik dewasa dan Kotagede Berkebaya.

Dalam acara penutup KMB pada tanggal 13 Juli 2024 dihadiri juga oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto. Dalam sambutannya, Sugeng Purwanto mengatakan, KMB merupakan bagian ruang ekspresi, khususnya untuk anak-anak agar memiliki rasa kecintaan pada seni budaya. Selain itu, juga dapat menjadi ajang kompetisi, promosi potensi budaya dan seni, serta pengembangan ekspresi bakat segenap masyarakat Kemantren Kotagede. Peserta KMB #9  menampilkan potensi masing- masing dengan maksimal dihadapan hadirin dan dewan juri penilai. Event yang telah berlangsung sejak Jumat 12 Juli 2024 ini menyita perhatian warga. Hal ini terlihat dari banyaknya warga masyarakat yang ikut datang dalam pagelaran ini. Sementara itu Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru Ma'arif mengatakan dalam event ini terdapat beberapa kategori yang dilombakan yakni tari, musik, serta fashion show.

Dalam gelaran Kotagede Mencari Bakat ini perlombaan dibagi dalam beberapa kategori para  peserta berlomba merebutkan kejuaraan. Adapun hasil yang diumumkan pada acara penutupan yaitu Untuk juara pertama kategori musik anak dimenangkan oleh Nayla Azmya Ayunadia, juara kedua diraih Adimas Alby Ersani Widyaputra, juara ketiga di menangkan Syaquila Ravabia Fakhurriza.Kategori Tari Anak juara pertama di raih oleh Sanggar Manukberi dengan tari suko parisuko, juara kedua di raih oleh Anindya Srikandi Kemuning dengan tari angguk jos, dan juara ketiga diraih oleh Mafiqo Latief Rafa Ilham.

Kategori Tari Umum, juara pertama diraih oleh Sanggar Anglocita, sementara juara kedua dan ketiga diraih Sanggar Tari Argodumilah dan Sanggar Srikandi Kemuning. Kategori menyanyi umum, untuk juara pertama diraih Teresia Karin Dahayu, juara kedua diraih Theresia Nugraheni Hanantyasari, juara ketiga diraih Dyah Ayu Kartika Sari.Sementara untuk kategori fashion show, juara pertama diraih Dwi Handayani Rahayu, juara kedua diraih Andan Wismayawati, dan juara ketiga diraih Wulandari.

Juara pertama pada ajang tersebut mendapatkan hadiah sebesar Rp.1.500.000, juara kedua dan ketiga mendapatkan hadiah sebesar Rp.1.000.000 dan Rp.500.000. Semua kategori nominalnya sama.