Pertunjukan Teater Amorfati meraih juara kedua dalam Festival Teater Kota Yogyakarta 2024

KOTEGEDE-Kontingen Kemantren Kotagede meraih juara kedua dalam Festival Teater Kota Yogyakarta 2024. Bertempat di Taman Budaya Kota Yogyakarta. Kontingen Kemantren Kotagede berhasil menampilkan pertunjukan drama berjudul amorfati . Amor Fati adalah mencintai takdir, merupakan judul yang digunakan oleh tim kontingen teater Kemantren Kotagede, pada festival teater kota Yogyakarta, yang ditulis oleh Erwito Wibowo dan tim naskah sanggar kode.

Babon cerita dari naskah ini adalah berdasarkan pada cerita rakyat berjudul "timun mas" yang revitalisasi dan reaktualisasi dalam konteks kekinian dengan menggunakan kaidah-kaidah teater.

Naskah menceritakan tentang seorang rentenir yang terlibat konflik sosial dengan masyarakat akibat dari sistem hutang yang dia buat sampai pada harapan cintanya pada seorang gadis, yang dia titipkan pada salah satu keluarga.

Amorfati di sutradarai oleh Lazuardi Tegar Imani, dengan para pemain seluruhnya warga Kotagede, sebagai salah satu upaya pembinaan bagi seniman-seniwati yang ada di Kotagede.

tahun 2024, tim kontingen teater Kemantren Kotagede meraih predikat kategori penampil terbaik 2 dari 14 Kemantren di kota Yogyakarta, predikat ini sama dengan tahun 2023 kemarin. Selain itu, di tahun 2024 juga meraih untuk kategori aktor terbaik, atas nama andhar Aprilianto.