Pelatihan Olahan Pembuatan Kripik Daun dan Olahan Lidah Buaya

Pelatihan Olahan Pembuatan Kripik Daun dan Olahan Lidah Buaya. Sambutan dan arahan disampaikan oleh bapak Mantri Pamong Praja. Disampaikan pula bahwa dengan adanya pelatihan ini, peserta dapat menambah wawasan dalam rangka meningkatkan pendapatan. Peserta pelatihan dari forum gapoktan, karang taruna, dan PKK Kemantren Kotagede sebanyak 50 orang. Materi disampaikan oleh instruktur. Adapun maksud dan tujuan pelatihan ini sebagai upaya pemberdayaan melalui pelatihan olahan pembuatan kripik daun dan olahan lidah buaya untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

  Penyampaian materi tentang  pelatihan olahan lidah buaya disampaikan oleh Marcus Nanang Setyawan pemilik Marvera Aloevera Industry. PT. Marvera Aloevera Industry adalah usaha yang bergerak dalam bidang Budidaya, Pengolahan dan Pelatihan Lidah Buaya Jumbo yang berlokasi di Ngijorejo, 03/02 ,Gari, Wonosari, Gunungkidul. Produk olahan lidah buaya yang bervariasi yaitu, Nata de'aloevera, Wedang Lidah Buaya Instan, Permen Jelly Lidah Buaya dan Teh Aloevera. Dalam pelatihan olahan lidah buaya ini, akan diajarkan cara membuat permen jelly lidah buaya.

Langkah-langkah pembuatan permen jelly lidah buaya yaitu :

  1. Kupas Lidah Buaya sampai bersih
  2. Cuci dengan air mengalir sampai lendirnya hilang
  3. Blender daging lidah buaya
  4. Rebus Gel lidah buaya hingga mendidih
  5. Campurkan dengan Gula Pasir
  6. Campurkan Agar-agar swallow, aduk sampai mendidih
  7. Tuang ke cetakan dan tunggu dingin lalu potong- potong sesuai selera
  8. Jemur selama 2 hari jangan lupa di balik.

Intruktur pelatihan pembuatan keripik daun berasal dari Kelompok Tani Agro 40 yang merupakan anggota Forum Gapoktan di Kemantren Kotagede. Sayuran yang digunakan yaitu daun bayam, daun seledri, dan daun kenikir. Selain karena memiliki banyak kandungan manfaat didalamnya, daun-daun tersebut juga dapat dibudidayakan sendiri sehingga dapat menghemat biaya produksi.

Langkah- langkah pembuatan keripik daun yaitu ;

  1. Campurkan bahan adonan tepung beras, telur, santan, air sesuai takaran.
  2. Panaskan minyak goreng
  3. Ambil daun secukupnya dan celupkan ke adonan,
  4. Masukkan ke dalam minyak goreng yang telah dipanaskan dan dibolak-balik agar tidak gosong.
  5. Angkat keripik yang sudah matang dan tiriskan keripik menggunakan spinner untuk mengurangi minyak.
  6. Kemas keripik yang sudah dingin.

Hasil dari pelatihan ini adalah peserta mampu membuat permen jelly dari lidah buaya serta membuat keripik daun yang layak dipasarkan.