Lomba Panca Tertib “Tertib Lingkungan  Tingkat Kemantren Kotagede Kota Yogyakarta Tahun 2024

KOTAGEDE-Gerakan Kampung Panca Tertib merupakan suatu aktivitas sosial berbasis kampung yang dilakukan secara dinamis dan terus menerus oleh masyarakat melalui Forum Kampung Panca Tertib (FKPT) dengan didukung Pelopor Ketertiban dan Duta Ketertiban untuk mewujudkan komitmen Panca Tertib. Adapun Prinsip-prinsip Rampung Panertib diantaranya (1) Koordinasi, kesatuan, keselarasan dan penyederhanaan, (2) Musyawarah dan mufakat, (3) Partisipasi Masyarakat, (4) Berkelanjutan.

Kemantren Kotagede memiliki 10 Forum Kampung Panca Tertib diantaranya, FKPT Gedongkuning, FKPT Pilahan, FKPT Rejowinangun, FKPT Gedongan, FKPT Basen, FKPT Purbayan, FKPT Alun-alun, FKPT Prenggan, FKPT Tegalgendu, serta FKPT Tinalan.

Isu lingkungan menjadi isu yang sedang hangat saat ini di Kota Yogyakarta, hal ini berkaitan dengan perubahan skema pengelolaan sampah di Kota Yogyakarta. Sebelumnya sampah di Kota Yogyakarta diangkut ke TPA Piyungan, namun dengan adanya kebijakan penutupan TPA Piyungan, maka masyarakat dihimbau untuk melakukan pengelolaan sampah secara mandiri. Selain berkaitan dengan pengelolaan sampah yang benar, lingkungan yang baik merupakan lingkungan yang bersih, sehat, indah, dan nyaman, hal ini sesuai dengan definisi Tertib Lingkungan yang tercantum dalam Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 22 Tahun 2015 Tentang Gerakan Kampung Panca Tertib Kota Yogyakarta.

Dengan adanya Forum Kampung Panca Tertib (FKPT) yang salah satunya berfokus pada Tertib Lingkungan, diharapkan mampu menggerakan partisipasi masyarakat untuk sadar dan peduli akan lingkungan. Sebagai dorongan dan triger bagi Forum Kampung Panca Tertib (FKPT) dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, indah dan nyaman, Kemantren Kotagede menyelenggarakan Lomba Panca Tertib dengan tema “Tertib Lingkungan” Tingkat Kemantren Kotagede Tahun 2024. Penilaian  Lomba Panca Tertib dilakukan oleh tiga juri diantaranya Suwarna, S.IP., M.SI., Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kota Yogyakarta, Suparti, A.Md. Ketua PKK Pokja IV Kemantren Kotagede yang konsen di bidang lingkungan, serta Titik Suhariyanti dari Forum Bank Sampah Kemantren Kotagede.

Penilaian dimulai dari penjaringan di kelurahan, diperoleh 3 FKPT untuk menjadi peserta lomba panca tertib Tingkat Kemantren Kotagede diantaranya FKPT Basen mewakili Kelurahan Purbayan, FKPT Tegalgendu mewakili Kelurahan Prenggan, dan FKPT Pilahan mewakili Kelurahan Rejowinangun. Tim juri melakukan penilaian administrasi dan kunjungan lapangan pada tanggal 10 s.d 11 September 2024. Dan setelah melalui perekapan skor hasil penilaian, diperoleh pemenang Lomba Panca Tertib “Tertib Lingkungan” Tingkat Kemantren Kotagede Tahun 2024 yaitu Terbaik I diraih oleh FKPT Pilahan dengan skor 1570, Terbaik II diraih oleh FKPT Basen dengan skor 1450 dan Terbaik III diraih oleh FKPT Tegalgendu dengan skor 1260.