Kemantren Kotagede Deklarasikan Netralitas ASN dalam Pilkada 2024

KOTAGEDE - Bertempat di Pendopo Abdi Praja Kemantren Kotagede, dipimpin langsung oleh Komaru Ma'arif, S.I.P, M.Si seluruh pegawai Kemantren Kotagede mendeklarasikan Pakta integritas Nertralitas ASN. Sebagaimana diketahui Pilkada merupakan pesta demokrasi yang memilih pemimpin daerah secara langsung oleh rakyat. Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), menjadi penentu integritas proses pemilihan. ASN diharapkan dapat menjaga netralitas dan profesionalitasnya, mengingat perannya sebagai pelayan masyarakat yang harus bersikap adil dan tidak berpihak. Kepatuhan terhadap netralitas ASN dalam Pilkada 2024 menjadi kunci untuk memastikan integritas proses demokrasi.

Dalam Deklarasi Pakta Integritas Netralitas ASN tersebut berisi bahwa karyawan Kemantren Kotagede Kota Yogyakarta menyatakan sebagai berikut:

  1. Menjaga dan menegakkan prinsip netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik baik seelum, selama maupun sesudah pelaksanaan Pemilihan kepada Daerah Kota yogyakarta Thaun 2024.
  2. Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi dan ancaman kepada Pegawai ASN dan seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.
  3. Menggunakan media sosial secara bijak, tidak dipergunakan untuk kepentingan pasangan calon tertentu, tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong.
  4. Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.