Kemantren Kotagede dan UKDW lakukan Penjajagan Kerjasama Inovasi Teko Perakku dalam Pelestarian Identitas Kotagede sebagai Kota Perak

KOTAGEDE- Kemantren Kotagede menjalin kerjasama dalam mengembangkan Inovasi Teko Perakku (Teknologi dan Kolaborasi Perak Kotagede Berbahan Murah dan Unggul) . Pada Hari Jumat tanggal 4 Oktober 2024 dihadiri oleh Rektor UKDW, Kepala LPPM, Kaprodi Sistem Informasi, Kaprodi Desain Produk, Kepala Biro Kerjasama dan Relasi Publik, Bapak Kristian Oentoro, Mantri Anom Kemantren Kotagede, Kepala Jawatan Kemakmuran dan Pengelola Inovasi dilaksanakan penjajagan mengenai Inovasi Teko Perakku.

Dari hasil penjajagan kerjasama,  dapat dilakukan kerjasama antara Kemantren Kotagede dengan Universitas Kristen Duta Wacana yaitu dengan LPPM ( Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat), Program Studi Sistem Informasi, Program Studi  Desain Produk, serta Pusat Studi Disabilitas dan Desain Inklusif.  Kotagede sebagai  living laboratory UKDW  karena  dapat menjadi object research  dan object-object  lainnya yang menarik. Peluang dilaksanakannya penelitian dan pengabdian kepada  masyarakat serta KKN tematik (Pengembangan SI dan desain produk perak) dengan mengerahkan  mahasiswa dan dosen sebagai supervisor.Membuat roadmap kegiatan kolaborasi  untuk memetakan SDM dan tugas-tugasnya, target-target, dst.

Dalam pertemuan ini kedepannya lingkup inovasi diharapkan tidak terbatas pada bahan industri perak saja karena dalam perkembangannya industri kerajinan di Kotagede tidak hanya perak tetapi juga logam lainnya : tembaga, kuningan, alpaka dll. Melalui Kerjasama ini diharapkan Jalur wisata perak di Sentra Kerajinan Perak Purbayan akan menjadi  lokasi kunjungan   Kegiatan Summer School mahasiswa asing yang ada di UKDW serta mengikutsertakan pelaku industri perak dalam pameran-pameran  yang  diselenggarakan UKDW.