Jaya Lenana Kemantren Kotagede dalam Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #9

KOTAGEDE - (7/10) Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) merupakan acara rutin yang diselenggarakan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam rangkaian  memperingati Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke 268, di area Tugu Jogja.  Pagelaran WJNC ini menampilkan pertunjukan dari 14 kemantren se Kota Yogyakarta Pj Walikota Jogja, Sugeng Purwanto, menjelaskan bahwa pagelaran WJNC saat ini sudah yang ke 9 kalinya digelar sebagai puncak rangkaian HUT Jogja ke 268. Pada Tahun ini WJNC mengusung tema Gatotkaca Wirajaya.

Pada Tahun ini Kemantren Kotagede mengusung tema Jaya Lelana, yang merupakan babad penyamaran gathotkaca melawan adipati karna dan dwarawati. Tokoh-tokoh yang ada dalam jaya lelana , Jaya Semedi (Penyamaran Arjuna) , Sampurnawati (Penyamaran Srikandi), Jaya Murcita (Nama Lain Abimanyu). Dalam Kisah Jaya Lelana terdapat pertempuran antara jaya Lelana melawan Garudhayeksa dan ada juga pertempuran antara jaya Semedi dengan Garudhayeks.

Dalam lelakon Jaya Semedi menceritakan tentang Arjuna yang menyamar sebagai Begawan Jaya Semedi dan untuk mengisi kekosongan di Pandawa, Bathara Kamajaya menyamar sebagai Arjuna.

Dalam WJNC #9 ini Tim Kemantren Kotagede menampilkan Beberapa Tokoh ikon yaitu Jaya Lelana, Garudhayeksa dan Naga. Ketiga ikon tersebut ditampilkan dalam  bentuk tari simbol jaya lelana.Seperti tahun-tahun sebelumnya, pertunjukan WJNC Berlangsung sangat meriah dan kegiatan ini  dihadiri berbagai tamu undangan serta masyarakat maupun wisatawan yang ingin menyaksikan secara langsung pertunjungan tersebut.