Selamat Posyandu Kapulogo IV Raih  juara 1 Lomba Evaluasi Posyandu Tingkat Kota Yogyakarta tahun 2024.

KOTAGEDE-Setiap tahun, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Evaluasi Posyandu yang diikuti oleh 14 kemantren se-Kota Yogyakarta. Lomba  evaluasi posyandu dilaksanakan melalui 3 tahap yaitu penyusunan dan pengiriman profil posyandu, penilaian administrasi evaluasi posyandu, dan verifikasi lapangan. Selain itu, terdapat perbedaan antara lomba posyandu tahun-tahun sebelumnya dengan lomba tahun 2024. Perbedaan tersebut terletak pada kategori layanan posyandu yang dilombakan yaitu posyandu yang sudah menerapkan integrasi layanan primer (ILP). Posyandu ILP adalah kegiatan pelayanan kesehatan yang melayani seluruh siklus hidup masyarakat, mulai dari bayi, balita, remaja, anak usia pra dan sekolah, usia produktif hingga lansia.

Di tahun 2024 ini, Kemantren Kotagede diwakili oleh Posyandu Kapulogo IV. Posyandu ini terletak di RW 04, Kampung Basen, Kelurahan Purbayan. Posyandu yang mewakili Kemantren Kotagede tersebut sudah termasuk kategori posyandu ILP dimana dalam pelaksanaannya memberikan layanan untuk ibu hamil, bayi dan balita, remaja, dan lansia serta integrasi dengan Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Bina Keluarga Lansia (BKL).

Pada penilaian administrasi, Posyandu Kapulogo IV masuk ke dalam urutan kedua terbaik setelah Posyandu Sere IX Kemantren Gondokusuman di urutan pertama dan Posyandu Mahoni XI Kemantren Mantrijeron di urutan ketiga. Kemudian, dewan juri melakukan verifikasi lapangan pada ketiga posyandu tersebut. Kegiatan verifikasi lapangan Posyandu Kepulogo IV berlangsung pada tanggal 25 September 2024. Verifikasi lapangan dilaksanakan di Sanggar Maharani Kampung Basen yang merupakan lokasi hari buka penimbangan Posyandu Kapulogo IV. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Mantri Pamong Praja Kotagede memberikan apresiasi, kebanggaan, dan harapan agar Posyandu Kapulogo IV dapat meraih juara 1 lomba evaluasi posyandu tingkat Kota Yogyakarta tahun 2024.

Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada kader-kader hebat Posyandu Kapulogo IV Kelurahan Purbayan yang telah mewakili Kemantren Kotagede maju lomba evaluasi posyandu tingkat Kota Yogyakarta tahun 2024, sehingga pada hari ini terlaksana verifikasi lapangan oleh dewan juri. Kami berharap Posyandu Kapulogo IV akan mendapatkan juara 1..” Ujar Komaru Ma’arif, S. IP., M. Si saat memberikan sambutan di hadapan dewan juri.

Penilaian lomba meliputi berbagai aspek mulai dari administrasi kelompok kerja operasional (pokjanal) posyandu Kemantren, adminisrasi Pokja Posyandu Kelurahan, dan administrasi posyandu sampel. Selain itu, penilaian lain terkait dengan keterampilan kader, sarpras posyandu, penerapan posyandu ILP, dukungan dari lorong sayur dan kelompok wanita tani (KWT), dukungan dari bank sampah, dukungan dari UMKM, swadaya masyarakat, kerjasama-kerjasama dengan berbagai pihak, dan inovasi di posyandu.

Dewan juri memberikan kesan pesan yang cukup bagus terhadap Posyandu Kapulogo IV Kelurahan Purbayan, Kemantren Kotagede. Hasil ini kemudian membawa Posyandu Kapulogo IV meraih  Juara 1 Lomba Evaluasi Posyandu Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2024 dimana secara otomatis juga akan mewakili Kota Yogyakarta untuk lomba posyandu di tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada tahun 2025 mendatang. Selamat dan sukses selalu untuk Posyandu Kapulogo IV.